Selasa, 21 Juli 2015

11 Tips Sederhana Agar Kulkas atau Freezer Awet dan Hemat Listrik

Kulkas atau freezer adalah barang elektronik rumah tangga yang sudah menjadi kebutuhan pokok. Harganya bisa dibilang lumayan mahal. Sayang kalau sudah beli baru tapi perawatannya tidak terjaga maka kulkas/freezer akan tidak awet dan cepat rusak.
Cara merawat kulkas, sebetulnya sederhana dan bisa dilakukan sendiri dengan mudah bahkan dengan perawatan yang baik bisa menghemat listrik.
Langsung saja saya share 11 tips sederhana agar kulkas anda awet dan hemat listrik.


1.      Bersihkan kulkas menggunakan air yang hangat dengan dicampur sabun cuci piring. Gunakan bahan yang lembut seperti spons untuk melapnya.
2.      Isilah kulkas dengan secukupnya. Jangan terlalu banyak barang yang dimasukan, apalagi barang yang memiliki bobot berat seperti botol-botol.
3.      Hindari menyimpan air minum yang masih panas di dalam kulas. Tunggulah sampai agak dingin agar suhu kulkas tetap stabil
4.      Berikan jarak atau ruang antara kulkas dengan dinding atau tembok. Jaraknya minimal 15-20 cm.
5.      Aturlah suhu kulkas menurut kebutuhan. Hindari pengaturan suhu terlalu rendah, karena semakin rendah suhu, listrik semakin boros.
6.      Jangan terlalu sering membuka pintu kulkas agar suhu tetap stabil dan supaya hemat listrik.
7.      Jauhkan kulkas dari sumber panas seperti kompor dan lain-lain.
8.      Bersihkan kondensor yang posisinya ada di belakang kulkas dengan teratur dari debu dan kotoran, supaya sirkulasi udara tetap lancar.
9.      Biasakan sesekali  membersihkan bagian freezer, dengan melelehkan bunga es. Hal ini dilakukan supaya suhu kulkas terjaga. Jangan mengikis es di freezer dengan pisau karena dapat merusak bagian pelapisnya.
10.   Hal penting dari kulkas yaitu kompresor yang digerakkan oleh energi listrik. Kalau tidak digunakan atau diisi dengan bahan-bahan makanan, lebih baik kukasnya dimatikan saja. Tetapi jangan terlalu lama tika tidak digunakan, karena bisa merusak kompresor.
11.   Jika listrik mati, Jangan terlalu sering membuka kulkas. Bila aliran listrik meyala kembali, biarkan dahulu 7-10 menit, barulah nyalakan kulkas Anda. Hal ini untuk membiarkan kompresor benar-benar di-reset ke posisi awal, sebelum berjalan normal lagi.

Selamat mencoba, semoga kulkas/Freezer Anda awet dan hemat listrik.

Baca Juga : 6 Hal Penting Agar TV LED / LCD Tidak Cepat Rusak


Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

Tidak ada komentar: